Safridah

Guru Bahasa Inggris MTsn 3 Pekanbaru Riau...

Selengkapnya

Song by flush card on the ramadhan

Setelah libur beberapa hari menjelang ramadhan sekolah pun mulai aktif memasuki hari ketiga puasa ramadhon. Jika ada ada pilihan saya saya lebih memilih siswa/i di liburkan saja di bulan Ramadhon ketimbang belajar. Kasian siswa/i kelihatan mengantuk dipagi harinya apalagi memasuki pelajaran terakhir.

Tapi kondisi ini tidak menyurutkan saya untuk tetap semangat memberikan materi terakhir untuk minggu ini. Dan memang saya prediksi sebelummya dengan materi yang saya bawakan untuk mereka akan tetap segar dan ceria seperti hari hari biasa diluar Ramadhon.

Terkesan saya menyalahkanRamadhon?

Ah! Tidak, saya hanya menyampaikan kondisi real yang terjadi pada pembelajaran dibulan ramadhon. Untuk menyiasatinya tentunya tugas guru untuk mengatasinya. Apakah saya berhasil?

Saya mempersiapkan flush card dari cd bekas yang bertuliskan lirik lagu berjudul I LOVE DADDY". Dibutuhkan lebih dari 50 cd bekas untuk mempersiapkan medianya. Karena akan diberikan kepada siswa dalam berkelompok

Saya akui, bahwa media yang saya bawakan ini persis sama dengan yang ada di youtube . Saya ingin mencobakannya kepada siswa /i saya untuk materi song . Dan kebetulan kd untuk kelas 8 pada materi akhir mempelajari tentang song ( lagu). Pucuk dicinta ulampun tiba . Media yang sdh hampir satu tahun saya simpan ini dapat dipergunakan pada saat dan situasi yang tepat. Karena bernyanyi itu kesannya melambangkan keceriaan dan kebahagiaan, apalagi dinyanyikan bersama sama dengan siswi satu kelas

Biasanya materi song diberikan dengan menggunakan teks yang sudah tersedia dibuku referensi atau lks siswa. Dan kemudian siswa menyimak lagu sambil mengisi lirik lagu rumpang.

Kali ini yang membuat berbeda media buku atau teks diganti dengan flush card. Masing masing siswa dalam kelompok memegang satu flush card .bernyanyi sambil menyimak lirik yang ada dalam flush card. Namun dua kelompok lain menyusun lirik lagu yang ada diflush card dan semua anggota kelompok bersama sama menyimak sambil mengisi lirik rumpang sesuai dengan dengan lagu yang sedang didengar. Ternyata arahan saya kurang jelas untuk satu kelompok yang ada di sudut kelas. Semuanya anggotanya menyimak lagu saja. Sementara flush card dipegang oleh satu orang tanpa dilihat apa bunyi liriknya.Saya hanya tersenyum sambil memberikan arahan kepada kelompok tersebut.

Setelah lagu di perdengarkan dua kali , siswa dari masing masing kelompok bergantian mengisi lirik rumpang dengan mencocokkan flush card jawaban yang sdh disediakan dibagian bawah media.

Setelah lirik rumpang terisi seluruhnya kita membahas makna dari vocabury / kata kata satu persatu dan mencocokkan apakah jawaban sesuai atau tidak dengan lirik aslinya. Kemudian siswa membahas makna isi lagu secara keseluruhan. Dan sesi akkhir seluruhnya tanpa malu malu bernyanyi diiringi lagu I LOVE YOU DADDY"

SONG THAT I HAVE MAKE MY STUDENTS HAPPY STUDYING IN RAMADHSN MONTH.

Have nice fasting my dear!

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Komentar

search